Khazanah Terjemah Tafsir Jalalain Edisi Ke I
Segala
puji hanya milik Allah semata. Sholawat serta salam tetap tercurahkan pada Nabi
Muhammad sallallahu 'alaihi wa sallam
.
Sudah
tidak asing lagi ditelinga kaum muslimin, bahwasanya tafsir Jalalain sebuah
kitab tafsir yang sangat dikagumi oleh setiap kalangan, hal itu karena tidak
lain karena tata bahasanya yang sangat mudah difahami bagi setiap muslim yang
membacanya. Semoga pengarang kitab tafsir ini (Imam Jalaluddin Al-Mahalli dan
Imam Jalaluddin Asy-Syuyuthi) mendapatkan balasan dari Allah Subhanahu wata'ala
atas usahanya dalam menulis kitab yang sangat baik ini.
بسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
"سُورَة الْفَاتِحَة" مَكِّيَّة سَبْع آيَات بِالْبَسْمَلَةِ إنْ كَانَتْ مِنْهَا وَالسَّابِعَة صِرَاط الَّذِينَ إلَى آخِرهَا وَإِنْ لَمْ تَكُنْ مِنْهَا فَالسَّابِعَة غَيْر الْمَغْضُوب إلَى آخِرهَا وَيُقَدَّر فِي أَوَّلهَا قُولُوا لِيَكُونَ مَا قَبْل إيَّاكَ نَعْبُد مُنَاسِبًا لَهُ بِكَوْنِهَا مِنْ مَقُول الْعِبَاد.
(Dengan
nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang)
Surat
Al-Fatihah (menurut versi tafsir ini) diturunkan di Makkah dan terdapat tujuh
ayat dengan Bismillah sedangkan ayat yang ketujuhnya adalah Shiraathalladziina
sampai ahirnya. Sedangkan Versi yang mengatakan bahwasanya Bismillah bukan
termasuk Al-Fatihah maka ayat yang ke tujuh pada ayat Ghairil Maghdhuubi sampai
ahirnya. Berdasarkan dengan anggapan ini maka sebelum ayat yang ketujuh
diperkirakan adanya kalimat "Quluu" supaya ayat yang ketujuh ini
maknanya sealur dengan ayat ayat sebelum ayat " iyyaaka Na'budu",
yang kesemuanya itu dianggap sebagai doa dari hamba hamba Allah.
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
"الْحَمْد لِلَّهِ" جُمْلَة خَبَرِيَّة قُصِدَ بِهَا الثَّنَاء عَلَى اللَّه بِمَضْمُونِهَا عَلَى أَنَّهُ تَعَالَى مَالِك لِجَمِيعِ الْحَمْد مِنْ الْخَلْق أَوْ مُسْتَحِقّ لِأَنْ يَحْمَدُوهُ وَاَللَّه عَلَم عَلَى الْمَعْبُود بِحَقٍّ
.
"رَبّ الْعَالَمِينَ" أَيْ مَالِك جَمِيع الْخَلْق مِنْ الْإِنْس وَالْجِنّ وَالْمَلَائِكَة وَالدَّوَابّ وَغَيْرهمْ وَكُلّ مِنْهَا يُطْلَق عَلَيْهِ عَالَم يُقَال عَالَم الْإِنْس وَعَالَم الْجِنّ إلَى غَيْر ذَلِك وَغَلَبَ فِي جَمْعه بِالْيَاءِ وَالنُّون أُولِي الْعِلْم عَلَى غَيْرهمْ وَهُوَ مِنْ الْعَلَامَة لِأَنَّهُ عَلَامَة عَلَى مُوجِده .
"رَبّ الْعَالَمِينَ" أَيْ مَالِك جَمِيع الْخَلْق مِنْ الْإِنْس وَالْجِنّ وَالْمَلَائِكَة وَالدَّوَابّ وَغَيْرهمْ وَكُلّ مِنْهَا يُطْلَق عَلَيْهِ عَالَم يُقَال عَالَم الْإِنْس وَعَالَم الْجِنّ إلَى غَيْر ذَلِك وَغَلَبَ فِي جَمْعه بِالْيَاءِ وَالنُّون أُولِي الْعِلْم عَلَى غَيْرهمْ وَهُوَ مِنْ الْعَلَامَة لِأَنَّهُ عَلَامَة عَلَى مُوجِده .
(Segala
puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam) Lafal ayat ini merupakan kalimat
berita, dimaksud sebagai ungkapan pujian kepada Allah berikut pengertian yang
terkandung didalamnya, yaitu bahwa Allah ta'ala adalah yang memiliki semua pujian
yang diungkapkan oleh semua hamba-Nya. Atau makna yang dimaksud ialah bahwa
Allah ta'ala itu adalah Zat yang harus mereka puji. Lafadz Allah merupakan nama
bagi Zat yang berhak disembah. Tuhan seesta alam artinya Allah adalah yang
memiliki pujian semua makhluk-Nya, yaitu terdiri dari manusia, jin malaikat,
hewan hewan melata dan lainnya. Masing masing mereka disebut alam. Oleh
karenanya ada alam manusia, alam jin dan lain sebagainya. Lafal Al-'Alamin
merupakan bentuk jama' dari lafal 'Aalam yaitu dengan memakai huruf ya' dan
huruf nun untuk menekankan makhluk berkal atau berilmu atas yang lainnya. Kata
'Aalam berasal dari kata 'alaamah atau tanda mengingat ia adalah tanda bagi
adanya yang menciptakan. Wallahu 'Alam.
اللهم علمنا ما ينفعنا وانفعنا بما علمتنا وزدنا
علما يا ارحم الراحمين
Tafsir Jalalain. Hal 1-2 . Versi Maktabah
Syaamilah.
Oleh: Abdul Malik An-Namiri
Editor:
1. Al-Ustad Ibnu Malik Hafidzahullah
2. Al-Ustadzah Naumy Syarif Hafidzahallah
1. Al-Ustad Ibnu Malik Hafidzahullah
2. Al-Ustadzah Naumy Syarif Hafidzahallah
0 komentar:
Post a Comment